Facebook

Sunday 25 November 2012

Cerita Bermula : Jepang (Part 1)

Helo fellas....
setelah pengalaman pahit yang gue rasakan pasca kecelakaan januari lalu,
kini gue mau berbagi cerita kisah gue yang paling membahagiakan beberapa bulan berikutnya.
Yaitu pengalaman gue dapet short exchange program ke Jepang!!!

Well,you know guys...
Jepang itu salah satu negara yang gue idam-idamkan untuk dikunjungi (selain inggris).
gue udah jatuh cinta sama negara ini sejak kelas 2 SMA,terlebih karena gue suka anime, komik, musik teknologi, dan budayanya. Dan negara ini 100% sophisticated!!! *menurutgue*

Sebelumnya, nggak pernah terpikir dibenak gue buat ngedatengin negara ini lebih cepat dari yang gue bayangkan. Karena gue menyusun strategi untuk ke jepang nanti saat S2.


Cerita tentang pengalaman ke Jepang ini, sebenarnya ini bukan kali pertama gue ngejar scholar semacam ini. Karena sebelumnya gue juga pernah ikut test S1 "monbusho" pas lulus SMA dulu, waktu itu pilihan gue medical and medicine, sayang kesempatan gue terputus ditengah jalan~~~ 

Balik lagi ke cerita yang sekarang...
Jadi, cerita detilnya seperti ini sodara-sodara :
Waktu itu akhir februari, sekitar tanggal 29an kalo ngga salah kuliah pertama gue di semester 6. Kuliah pertama gue setelah istirahat panjang lebih dari sebulan...
Awal kuliah yang berat, karena selama kuliah atau pun belajar di malam hari, nggak jarang gue ngalamin vertigo, belum lagi gue banyak lupa hal-hal yang ringan sampe beberapa nama orang yang udah lama gue kenal *agak miris emang* dan nggak hanya itu, setiap duduk  di ruang kelas dan ngedapetin materi baru gue ngerasa seperti orang ling lung dan sering bengong sendiri -__-
Itulah awal kuliah yang menyengsarakan,
Setelah beberapa hari kuliah, gue ketemu si ulfa, inget banget tentang percakapan kita waktu itu 
ulfa : *dengan suaranya yang segede toak di hall lab* 
"eh gun, itu di kemahasiswaan ada info beasiswa JENESYS ke kepang lho!!kmu cocok banget tuh ikut itu"
gue : *dengan mata cekung dan suara lemes khas orang sakit*
"wah, iya ya fa?pengen banget ikut itu tapi gimana?kondisinya lagi ngga memungkinkan."
ulfa : "iya sih gun, tapi itu juga pendaftaran udah lewat"

gue:
Akhirnya, gue lewati hari demi hari dengan kehidupan biasa dan normal, perlahan kondisi gue mulai membaik meskipun anosmia nggak ada perbaikan dan kepala gue masih sering konslet setiap nerima materi kuliah.
Dan disuatu pagi yang cerah di hari rabu ditengah kesibukan ber-praktikum ria (red:praktikum farmakoterapi) praktikum yang paling gue suka so far karena cuma duduk nganalisis kasus, berdebat dalam forum, dan semua jawaban yang memiliki dapus yang jelas adalah benar.Jadi bisa seratus jawaban untuk satu permasalahan.ehehehe,

Back to story, saat itu datanglah Pak Hatta (red: Kaprodi kebanggaan farmasi yang kalem nan berkarisma) mengumumkan surat edaran dari Rektorat terkait seleksi JENESYS untuk pertukaran pelajar ke Jepang.
Otak gue berputar dengan cepat, gue inget!ini pasti beasiswa yang tempo hari si ulfa bilang.
Terus pak Hatta melanjutkan, "surat edaran ini baru hari ini saya dapatkan dan deadline pengumpulan berkas untuk diseleksi tingkat Univ adalah hari ini"
Dan gue kembali terkulai lemas, sambil mengucap didalam hati "kayaknya ini memang bukan rejeki gue"
Setelah pak Hatta keluar, pengumuman pun terlupakan begitu saja. Sampai akhirnya bunyi dering telpon di ruang praktikum itu ternyata telpon itu ditujukan untuk gue!!dan si penelpon adalah siapa lagi kalo bukan pak Hatta, beliau nyuruh gue buat nemuin dia sore itu terkait seleksi JENESYS dan meminta gue buat nyebarin info itu sekali lagi ke teman2.

Akhirnya siang2 selesai makan siang gue langsung ngelapor ke ardhieiei (ketua HIMFA kala itu) buat nyebarin info ke teman2 lain.
Pas sorenya, gue sama Joe (temen seperjuangan gue memburu JENESYS) langsung nemuin pak Hatta.

gw inget banget perbincangan gue sama pak hatta waktu itu didepan fotokopian pak sani
Pak H : "mba anggun, saya minta nanti mba anggun ya yg wakilin untuk Farmasi kalau ngga ada yang daftar lagi, ya saya sudah tau potensi mbak yang sekiranya bisa bikin essay dalam semalam"

gue:
Pak H : "ya setidaknya biar nggak malu-maluin farmasi lah ada yang ikut, kimia sama statistik aja ada"

gue:
Pak H : "kalo lolos sampe Univ ya bagus, alhamdulillah kalau bisa sampai jepang. Kalau nggak lolos juga nggak apa apa biar tahu kemampuan kita seberapa,nanti bisa ikut lagi"

gue:
Pulang-pulang ke rumah gue langsung cerita ke nyokap-bokap *waktu itu lagi ngejenguk gue dijogja sekitar 2mingguan* 
Malamnya, gue mendedikasikan waktu gue sepenuhnya untuk nulis essay. Otak gue buntu sebuntu-buntunya, sampe akhirnya itu essay baru kelar pas adzan shubuh.Essay yang cuma 500 kata lebih dikit itu selesai dalam waktu 8 jam!!bayangpun sodara sodara!!

Besok paginya, itu essay+berkas2 gue kumpul sebelum jam 9, yap sampe nyuri2 waktu pas kuliah buat ngumpulin ke bagian akademik. *thanks to bapak bagian akademik yg sudah bantu melobby pengunduran berkas hingga 1 hari dan thanks untuk bu Ida atas kemurahan hatinya :)*

Selanjutnya, gue tinggal menunggu pengumuman dari Univ. Gue pikir bakal lama, ternyata malam itu juga gue dapet telpon dari rektorat (mbak nita) perihal pengumuman yg lolos ke tingkat Univ. Alhamdulillah wa syukurillah gue salah satu dari 5 orang yang lulus...ternyata nggak sia-sia begadang gue malem itu.Gue diminta mengikuti tes interview di ruang IP UII di GKU esok harinya jam 10.
Tapi oh tapi...Masalah lain pun muncul!!
karena besok jam 10 pagi itu bertepatan dengan surat panggilan kepolisian Sleman!!
Yah, karena sebetulnya permasalahan kecelakaan gue itu belum selesai. Dan gue masih dianggap sebagai pelaku penabrak, jadi masih ada prosedur kepolisian yang harus diurus. Terlebih besok itu juga gue juga harus diinterview sama petugas polisi.Akhirnya gue bilang ijin ke mba Nita nya untuk datang agak telat.

Keesokan harinya, ditemanin bonyok+sopir gue melaju ke Polres Sleman. Jam 8 kita nyampe sana ternyata petugas masih pada apel pagi, jam 9 nunggu petugasnya sarapan, dan hampir jam 10 interview baru dimulai. Sekitar jam 10 lewat mba nita udah kembali nelpon gue untuk datang secepatnya. Dan jam 10.30 interview gue sama polisi selese dan berakhir dengan secarik kertas laporan berisi tulisan bahwa gue adalah TERSANGKA!!ckckckck...kata pak polisinya itu cuma pernyataan tertulis bukan yang sebenernya biar bisa nyairin asuransi jasa raharja *wot??wot??* dan secepat mungkin gue langsung cabut ke kampus buat ikut interview dianter nyokap+sopir. Berbekal doa ortu dan kemampuan yang pas-pasan gue langsung ikut interviewnya. Dan bertemu dengan teman yang lain (yanti anak Psikolog dan 1 lagi anak kimia).
Singkatnya malam hari, gue kembali dapat telpon dari mba Nita kalo gue lolos 3 besar tingkat Univ, dan berkas kami akan dikirimkan ke Kedubes Jepang untuk kembali diseleksi. Para interviewer juga ngirimin email tentang bagian mana dari essay kami yang perlu diperbaiki supaya terlihat semakin sempurna di kedutaan nanti. Untungnya, punya gue ngga ada perbaikan jadi gue bisa tenang tidur malam itu...




Satu hal lagi yang bikin dag-dig-dug ngga karuan adalah menunggu 1 bulan untuk tau pengumuman dari kedubesnya!! Dan beberapa hal yang bikin tekanan batin adalah beberapa anak2 yang udah tau tentang lolosnya gue di tingkat Univ, nggak bosen2 nanya kapan berangkat.Padahal kan itu belum pasti cuy!!! argh...
Emang ngga salah kalo teori bilang salah satu faktor pencetus depresi itu adalah lingkungan!

Okeh, hari ini sampe disini dulu ceritanya...gue capek ngetik.ehehehe




No comments:

Post a Comment