Facebook

Monday 17 September 2012

I am Anosmic.... Saya penderita Anosmia...

There are some people who Blind, Deaf, Dumb....
But me....I am Anosmic

Have you ever heard before?
Oke, gue bakal ngejelasin sedikit tentang Anosmia
Anosmia (pronounced /ænˈɒzmiə/) is a lack of functioning olfaction, or in other words, an inability to perceive odors
atau dapat diartikan Anosmia adalah keadaan yang menunjukkan ketidakmampuan dalam mencium bebauan.                               
                                   
Yap, intinya gue sekarang nggak bisa nyium bau apapun...

Penyebab Anosmia ini ada banyak, salah satunya adalah Paska Trauma Otak, seperti yang gue alami sekarang.
penyebab lainnya adalah :
  • Infeksi saluran pernapasan atas
  • Nasal polip
  • Hipotiroid
  • Schizofren
  • Alzeimer
  • Parkinson
  • Tumor pada Lobus Frontal, dan masih banyak lagi.
Awal mula gue kena Anosmia adalah saat gw ngalami  kecelakaan tanggal 16 Januari lalu,
Kecelakaannya lumayan parah, gw ngalami contusio cerebri ringan a.k.a gegar otak ringan, nasal fraktur a.k.a patah tulang hidung yang mengakibatkan tulang hidung gw harus di pasang platina, dan sekarang yang berdampak paska operasi adalah ya... Anosmia ini.

Anosmia memang terdengar aneh di telinga kita, karena penyakit ini cuma segelintir orang yang menderita.
Sesedih-sedihnya gw pas pertama kali tau kalo gw Anosmic lebih sedih lagi waktu gw gabung sama forum kaum penderita Anosmia lainnya. Karena Anosmia selain yang disebabkan oleh Trauma otak dan penyakit lain ada juga yang namanya Anosmia Conginetal alias Anosmia dari lahir. Bayangin dong guys, gimana rasanya kalo dari lahir nggak bisa nyium parfum, wangi masakan nyokap, dan nyium bau badan lo sendiri. *What the ....?* Dan itulah yang merasa gue lebih beruntung sedikit.

Tentang menjadi seorang penderita Anosmia adalah bukan hanya bebauan aja yang ngga bisa gue cium, tapi ini juga berhubungan dengan flavor.
Yap, inilah bagian yang paling nggak enak penderita Anosmia, karena lo nggak bakal bisa nyicipin rasa berbagai makan seperti gimana semestinya.
Di lidah gue semua makanan rasanya hambar-hambar gimana gitu...Apalagi rempah-rempah di masakan nyokap gue yang biasanya ketara banget dilidah gue sekarang rasanya rata.
Tapi, gw nggak pernah ngeluh tentang mengalami Anosmia karena Tuhan masih baik untuk memberikan kesempatan hidup walaupun dengan sedikit Penderitaaan itu artinya gw disuruh lebih sabar dan Ikhlas untuk menjalani hidup. Karena, mungkin aja akan ada kebahagiaan yang menanti.

2 comments:

  1. saya sndri penderita anosmia dari kecil. yah emang sih saya ga pernah tau bau mawar kayak gimana ato bau kentut sekalipun ga cium hehehe.. karena saya dri kecil emang ga bsa cium, jadi ga tau aroma makanan sih jadi yaaa gitu2 aja rasanya semua makanan sama aja..
    Klo boleh tau, forum penderita anosmia dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Indah,salam kenal sesama penderita Anosmia :)
      untuk saat ini saya bergabung di milis group Anosmia di yahoomail,sayangya belum ada forum untuk penderita khusus di Indonesia saja -__- atau mungkin saya yang belum nemu.hehehe

      Delete